+++ ARJUNA +++: cara menangani masalah smadav
SELAMAT DATANG DI BLOGKU " ARJUNA"

tulisan arjun

Sabtu, 14 Januari 2012

cara menangani masalah smadav


Jika Smadav Tidak Bisa Dijalankan Karena Tidak Ditemukan Engine/Komponennya.



Smadav (installer) yang Anda download dari www.smadav.net ialah file installer, yang fungsinya sebagai paket penampung file-file atau komponen Smadav.
Jika file installer tersebut sudah dijalankan dengan benar, maka akan dibuatlah folder untuk menampung file atau komponen Smadav dari file installer tadi.
Di dalam folder hasil ekstrak Smadav, terdapatlah 6 file, dengan masing-masing nama file "Readme.txt", "Smadav 20xx Rev. x.x.exe", "Smadav.loov", "Smadav-Updater.exe", "SmadEngine.dll", "SmadExtc.dll".
Sesuai dengan judul topik ini, akan saya bahas mengenai masalah terhadap komponen Smadav yang tidak ditemukan, sehingga Smadav tidak bisa Running.

File "Smadav 20xx Rev. x.x.exe" (x = nilai variabel) adalah file yang pertama kali dijalankan setelah ter/dieksekusi file installer Smadav. File tersebut akan mencari atau mengecek keberadaan file pendamping utamanya (pada direktori/folder yang sama dengan file "Smadav 20xx Rev. x.x.exe" saat dieksekusi/dijalankan) yaitu 2 file, dengan nama masing-masing "Smadav.loov", dan "SmadEngine.dll".
Jadi, sebenarnya cukup 3 file saja Smadav seharusnya sudah bisa dijalankan (Running) pada komputer Anda. Hanya saja, pada saat Anda mengaktifkan RTP Smadav (RTP berada pada Tab "Protection"), Smadav tidak terkonfigurasi pada 'Jendela' Anda untuk penggunaan 'Scan With Smadav', karena Smadav memerlukan file "SmadExtc.dll", namun jika file tersebut sebenarnya sudah ada dan tetap tidak bisa juga, maka silakan 'Uninstall' dulu, baru Install kembali Smadav nya, hmm..., tetap belum bisa? Mungkin restart komputer dulu, atau ini adalah bug dari Smadav ya?! Cheesy



Kembali ke topik, intinya, untuk menjalankan Smadav, pastikan harus ada 2 file pendamping Smadav ("Smadav.loov", dan "SmadEngine.dll") pada direktori atau folder yang sama.
Namun jika tetap tidak bisa dijalankan, silakan coba dengan klik kanan -> Run As Administrator, yang biasanya didapati pada Vista atau Win Seven sebagai izin dalam menjalankan program dari keamanan UAC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar