+++ ARJUNA +++
SELAMAT DATANG DI BLOGKU " ARJUNA"

tulisan arjun

Senin, 02 April 2012

contoh kkp versi bsi 2010
*note : sengaja berantakan biar tidak hanya co-past...
           tujuannya untuk dipelajari

PEDOMAN PENYUSUNAN
LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK (KKP)
DAN PRAKTIKUM TERPADU





















Edisi Revisi 2010
PROGRAM DIPLOMA TIGA (D.III)
AKADEMI BINA SARANA INFORMATIKA
Buku Pedoman Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek & Praktikum Terpadu Program Diploma Tiga (D.III) Akademi BSI
























AKADEMI BINA SARANA INFORMATIKA i
Laporan Kuliah Kerja Praktek dan Praktikum Terpadu ini merupakan tahap dimana seorang
mahasiswa akan mulai mencapai suatu puncak pembelajaran, karena mahasiswa diharapkan
mampu mengerahkan seluruh potensi akademik yang dimilikinya selama menimba ilmu di Akademi
BSI. Dalam penyusunan laporan KKP dan Praktikum Terpadu ini nantinya dapat terlihat dengan jelas
awal kemampuan dan keahlian mahasiswa yang bersangkutan dalam kesiapannya untuk terjun di
dunia kerja yang penuh dengan tantangan dan hambatan.
Mahasiswa adalah intelektual-intelektual penerus bangsa yang sangat diharapkan peran
aktifnya di dalam masyarakat, bilamana mahasiswa yang bersangkutan telah menyelesaikan
studinya. Oleh karena itu seyogyanyalah mahasiswa tersebut mempersiapkan bekal diri sedini
mungkin, agar nanti pada saat akan mengakhiri masa studinya telah siap dalam mengikuti
persaingan yang nyata.
Berangkat dari pemikiran tersebut di atas maka kami dari pihak akademik akan terus selalu
berinovasi dan memperbaiki semua aspek yang menjadi kendala. Salah satu aspek yang dapat
meningkatkan kualitas dari mahasiswa yang ada di Akademi BSI adalah dari sisi kualitas bahwa
setiap mhasiswa wajib melakukan praktek kerja lapangan. Untuk dapat menghasilkan suatu
matakuliah kerja praktel (KKP) yang berbobot dan berkualitas, tentunya harus pula didukung oleh
perangkat petunjuk pelaksanaannya yang berupa Buku Pedoman Penyusunan Laporan Kuliah Kerja
Praktek dan Praktikum Terpadu.
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Y.M.E., akhirnya edisi perbaikan dan
pengembangan Buku Pedoman Penyusunan Laporan KKP dan Praktikum Terpadu ini dapat selesai
tepat pada waktunya. Semoga Buku Pedoman Penyusunan Laporan KKP dan Praktikum Terpadu
yang terbaru ini dapat mengakomodasi semua aspek yang berkaitan dengan materi maupun teknis
sehingga tidak terjadi lagi persepsi yang berbeda dalam penyusunan laporan KKP dan Praktikum
Terpadu.
Akhir kata, kami dari Tim Penyusun dan Editor berharap agar Buku Pedoman Penyusunan
Laporan KKP dan Praktikum Terpadu ini dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas mahasiswa
Akademi BSI pada umumnya, Amin.
Jakarta, September 2009
Tim Penyusun dan Editor
Buku Pedoman Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek & Praktikum Terpadu Program Diploma Tiga (D.III) Akademi BSI































AKADEMI BINA SARANA INFORMATIKA ii
Halaman
Kata Pengantar .............................................................................................................................. i
Daftar Isi .............................................................................................................................. ii
Daftar Lampiran .. .................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................................... 1
A. Pengertian Umum Tentang Penulisan Laporan Kuliah Kerja
Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu ………………………………………… 1
B. Tujuan Penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP)
dan Praktikum Terpadu ………………………………………………………… 1
C. Ketentuan Teknis Mengenai Kegiatan Kuliah Kerja Praktek (KKP)
dan Praktikum Terpadu ………………………………………………………… 1
D. Etika dalam Pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum
Terpadu ………………………………………………………………………… 3
BAB II TEKNIK PENULISAN ................................................................................... ..... 4
A. Penulisan Pada Cover Laporan KKP dan Praktikum Terpadu ........................... 4
B. Penomoran Bab, Sub Bab dan Sub-sub Bab ………………………………….. 4
C. Penomoran Halaman ………………………………………………………….. 4
D. Judul dan Nomor Gambar/Grafik/Tabel ............................................................ 5
E. Kutipan ………………………………………………………………………... 5
F. Penulisan Daftar Pustaka .................................................................................... 6
G. Format Pengetikan .............................................................................................. 8
F. Pengumpulan Laporan KKP dan Praktikum Terpadu ………………………… 8
BAB III PEMBAHASAN ...................................................................................................... 9
A. Outline KKP Jurusan Manajemen Informatika ................................................... 9
B. Outline KKP Jurusan Komputerisasi Akuntansi ................................................. 11
C. Outline KKP Jurusan Teknik Komputer ............................................................. 13
D. Outline KKP Jurusan Sekretaris .......................................................................... 14
E. Outline KKP Jurusan Manajemen Administrasi, Perbankan, dan
Akuntansi Perpajakan .......................................................................................... 15
F. Outline KKP Jurusan Bahasa Inggris ................................................................... 16
G. Outline KKP Jurusan Public Relations Penyelenggaraan EVENT ..................... 17
H. Outline KKP Jurusan Public Relations Perorangan Non EVENT ....................... 18
BAB III PENUTUP................................................................................................................. 40
A Keseimpulan ......................................................................................................... 40
B. Saran-saran ...................................................................................................... ..... 41
DAFTAR ISI















Buku Pedoman Penyusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek & Praktikum Terpadu Program Diploma Tiga (D.III) Akademi BSI
AKADEMI BINA SARANA INFORMATIKA iii
Halaman
1. Contoh untuk Cover Judul (sesuaikan dengan jurusan) …………………………….. ……. 19
2. Lembar Penilaian Pengasahan Laporan KKP …………………………………………….. 21
3. Contoh Lembar Penilaian Laporan KKP …………………………………………………. 23
4. Contoh Kata Pengantar ....................................................................................................... 25
5. Contoh Daftar Isi ................................................................................................................ 26
6. Contoh Daftar Simbol .......................................................................................................... 27
7. Contoh Daftar Gambar ....................................................................................................... 33
8. Contoh Daftar Tabel ........................................................................................................... 34
9. Contoh Daftar Lampiran ..................................................................................................... 35
10. Contoh Daftar Riwayat Hidup ............................................................................................ 36
11. Contoh Surat Keterangan PKL/riset ................................................................................... 37
12. Lembar Nilai Praktek Kerja Lapangan ............................................................................... 38
DAFTAR LAMPIRAN


















Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 1
PENDAHULUAN
A. Pengertian Umum Tentang Penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan
Praktikum Terpadu
Laporan KKP atau Praktikum Terpadu adalah salah satu bukti tentang telah dilakukannya suatu
kegiatan atau kejadian Event secara mandiri atau dilakukan di suatu instansi atau perusahaan oleh
mahasiswa. Laporan tersebut meliputi berbagai hal dari jenis kegiatan Kerja Praktek yang
dilakukan, waktu kegiatan, tinjauan pustaka yang digunakan serta kegiatan yang dilakukan
dilapangan.
Kegiatan KKP atau Praktikum Terpadu memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam rangka
usaha menerapkan teori dan pengetahuan yang telah diterimanya di dalam kelas serta memperluas
wawasan pada kegiatan nyata di bidang studi masing-masing.
B. Tujuan Penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Tujuan penulisan KKP atau Praktikum Terpadu adalah sebagai suatu konsekwensi terhadap
penerapan kurikulum pada jurusan Komputerisasi Akuntansi, Manajemen Informatika, Teknik
Komputer, Sekretaris, Manajemen Administrasi, Bahasa Inggris, Perbankan, Akuntansi
Perpajakan yang memiliki bobot 2 (dua) sks dan jurusan Public Relations yang memiliki bobot 4
(empat) sks.
C. Ketentuan Teknis Mengenai Kegiatan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum
Terpadu
1. Pelaksanaan KKP dan Praktikum Terpadu dapat dilakukan perseorangan maupun berkelompok
(maksimal 3 orang, khusus untuk Praktikum Terpadu-Penyelenggaraan Event secara
berkelompok antara 10 -15 orang)
2. KKP dan Praktikum Terpadu dilakukan pada semester V (lima), namun sosialisasi mengenai
kegiatannya mulai dilakukan oleh dosen penasehat akademik disemester 4 (empat). Disarankan
kepada mahasiswa agar lebih baik dan untuk lebih mengefektifkan proses penyusunan laporan
serta agar tetap menjaga kontinuitas dan konsentrasi belajar mahasiswa, pelaksanaan KKP dan
Praktikum Terpadu dapat dimulai pada saat mahasiswa libur semester IV (empat) untuk yang
melakukan magang/PKL di perusahaan sedangkan untuk pelaksanaan kegiatan perencanaan bisa
dilaksanakan selama liburan sedangkan kegiatannya dilaksanakan pada semester V.
3. Proses penyusunan laporan dilakukan pada semester 5 (lima) yang dipandu dan diarahkan oleh
dosen penasehat akademik mahasiswa di semester tersebut. Ketentuan mengenai sudah
selesainya laporan mahasiswa, ditandai dengan adanya persetujuan dosen penasehat akademik
dalam bentuk tanda tangan dalam lembar persetujuan laporan KKP dan Praktikum Terpadu.
4. Mahasiswa yang melakukan kegiatan magang/PKL secara perorangan minimal 1 (satu) bulan
yang dilakukan di instansi pemerintah, perusahaan swasta pada bagian sesuai dengan
jurusan dapat diikuti selama masa liburan semester IV atau selama periode semester V
diusahakan tidak mengganggu jadwal kuliah.
BAB 1
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 2
5. Sebelum pelaksanaan KKP dan Praktikum Terpadu, terlebih dahulu mahasiswa
membuat proposal kegiatan dan atau surat permohonan ke perusahaan tempat
PKL/Magang lewat Web BSI.
6. Pelaksanaan KKP dan Praktikum Terpadu secara kelompok maka kelompok
tersebut adalah mahasiswa dalam kelas yang sama. (tidak boleh 1 kelompok dari
berbagai kelas yang berbeda)
7. Jumlah minimum halaman isi dalam laporan kegiatan adalah 30 (tiga puluh)
halaman, tidak termasuk kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar,
daftar pustaka dan lampiran.
8. Laporan KKP dan Praktikum Terpadu juga WAJIB melampirkan surat keterangan dari
instansi/perusahaan tempat mahasiswa melakukan Magang/PKL, bahwa
mahasiswa yang bersangkutan benar adanya telah selesai melakukan kegiatan di instansi/
perusahaan tersebut. Surat keterangan yang dilampirkan dalam laporan KKP dan
Praktikum Terpadu harus asli dengan ciri-ciri ditulis di atas kertas berkop identitas
perusahaan, ditandatangani oleh pejabat yang berwenang dan diberi cap stempel, serta penilaian
PKL oleh instansi/perusahaan yang dianggap perlu.
9. Materi kegiatan KKP dan Praktikum Terpadu disesuaikan dengan outline masingmasing
Program Studi:
KA = Kegiatan berfokus pada Analisis Sistem (berkaitan dengan sistem akuntansi
secara manual/komputerisasi)
MI = Kegiatan berfokus pada Analisis Sistem (manual/komputerisasi)
TK = Kegiatan berfokus pada Analisis Jaringan
SK = Kegiatan berfokus pada Kesekretarisan
MA = Kegiatan berfokus pada Kegiatan Bisnis/Manajemen dan Keadministrasian
IN = Kegiatan berfokus pada Magang (teaching, hotel, tourism, perkantoran,dll)
PR = Kegiatan berfokus pada Penyelenggaraan Event Mandiri, Terlibat Kepanitiaan
Event pada EO lain, Magang di Perusahaan (tentang PR)
PB = Kegiatan berfokus pada Bank dan Lembaga Keuangan
AP = Kegiatan berfokus pada Perpajakan untuk Badan Hukum
10. Bentuk kegiatan yang dapat dilakukan mahasiswa dalam pembuatan laporan, Praktikum
Terpadu adalah :
a. Praktikum Terpadu dapat dilakukan mahasiswa dengan kerjasama atau ikut
sebagai kepanitiaan yang dilaksanakan oleh suatu Perusahaan Event Organizer.
b. Praktikum Terpadu dapat dilakukan mahasiswa secara perorangan dengan
magang/PKL di Biro Konsultan PR, atau di bagian PR suatu perusahaan
(Wajib dibagian PR).
c. Bagi mahasiswa yang menyelenggarakan event mandiri secara kelompok
dengan budget sesuai kemampuan mahasiswa atau maksimal tidak melebihi
Rp. 20 juta. Dengan jenis kegiatan yang bersifat entertaint, positif, edukatif dan
produktif. Sedangkan sumber pendanaan bersumber dari mahasiswa ataupun
dari sponsor perusahaan yang tidak diijinkan untuk mensponsori kegiatan
antara lain yang memproduksi: Rokok, Minuman Alkohol dan produk yang
bertentangan dengan kepercayaan dan aturan yang ada di lingkungan Bina
Sarana Informatika. Masalah sponsor ini dikecualikan jika penyelenggaraanya di
luar kampus BSI dengan tetap memperhatikan ketentuan peraturan pemerintah
dan masyarakat.
d. Aspek yang menjadi obyek Kegiatan Praktikum Terpadu adalah berbagai
kegiatan bidang ilmu Public relations.
e. Bagi Mahasiswa yang melaksanakan kegiatan praktikum terpadu dengan kerjasama atau ikut
sebagai kepanitiaan yang dilaksanakan oleh suatu perusahaan Event Organizer, kegiatannya
dapat diikuti selama masa liburan semester IV atau selama periode semester V. Masalah
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 3
sponsor dan budget tidak mengikat namun kegiatan yang dilakukan harus bersifat positif dan
produktif bagi mahasiswa dan lingkungan masyarakat luar dan dilaksanakan secara
bertanggungjawab.
D. Etika dalam Pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
1. Harus mendapat izin dari pemilik tempat praktek (instansi maupun perusahaan) atau lokasi
Event.
2. Perusahaan atau instansi tempat melaksanakan kegiatan adalah minimal yang telah memiliki
legalitas usaha dan terdaftar sebagai perusahaan atau instansi resmi yang diakui pemerintah,
tidak dibenarkan dilakukan pada usaha-usaha yang bersifat non formal, seperti kaki lima dan
lain-lain.
3. Mahasiswa yang melakukan KKP dan Praktikum Terpadu harus bersikap dan bertindak sopan
mengikuti peraturan dan budaya kerja di instansi maupun perusahaan tempat dimana melakukan
Praktikum dan bertanggung jawab atas segala tindakannya menjunjung tinggi dan menjaga
nama baik almamater.
4. Mahasiswa harus proporsional dalam menentukan seberapa jauh yang besangkutan dapat
membaur dalam kegiatan pekerjaan pegawai kantor tempat obyek praktek lapangan. Sebab
mahasiswa hanya sebagai karyawan magang. Hal ini penting untuk diketahui agar aktivitas
mahasiswa justru tidak menyebabkan kerugian bagi pihak instansi atau perusahaan.
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 4
TEKNIK PENULISAN
A. Penulisan Pada Cover Laporan KKP dan Praktikum Terpadu
Tata letak penulisan kata/kalimat dan logo pada cover Laporan KKP atau Praktikum Terpadu
diletakkan di tengah dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Judul Laporan KKP atau Praktikum Terpadu diketik huruf kapital dengan ukuran font size 14,
yang berjarak 1,5 spasi.
2. Logo BSI berwarna dibuat dengan ukuran standar dan berbentuk bulat lingkaran
3. Penulisan kata ”LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK” atau ”LAPORAN PRAKTIKUM
TERPADU” ditulis dengan huruf kapital ukuran font size 18
4. Penulisan kalimat ”Diajukan ....dst” ditulis dengan ukuran font size 12
5. Nama penulis dan NIM ditulis dengan ukuran font size 14 dengan jarak 1.5 spasi
6. Nama Jurusan, Akademi, Kampus, dan Tahun pembuatan ditulis dengan ukuran font size 12
dengan jarak 1,5 spasi
B. Penomoran Bab, Sub Bab dan Sub-sub Bab
1. Bab dinomori dengan menggunakan angka romawi.
2. Sub bab dinomori dengan menggunakan angka latin dengan mengacu pada nomor bab/sub bab
dimana pada bagian masing-masing outline itu ada. Contoh Sub Bab dan Sub-sub Bab dari
Bab II:
2.1. ……………….. (Judul Sub bab)
2.2. ……………….. (Judul Sub bab)
2.2.1. ……………… : (Judul Sub-Sub bab)
1. ………………….. :
a. ………………. :
1) ……………. :
a) ………… : (1) dan (a)
Bila penomoran judul sub-sub bab tidak disebutkan di outline, maka penulisan sub-sub babnya
diketik sama dengan contoh di atas.
3. Penulisan nomor dan judul bab di tengah dengan huruf besar, ukuran font 14, tebal.
4. Penulisan nomor, judul sub bab dan sub-sub bab dimulai dengan huruf besar, ukuran font 12,
tebal.
C. Penomoran Halaman
1. Bagian Awal, nomor halaman ditulis dengan angka romawi huruf kecil (i, ii, iii, iv, dst). Posisi di
tengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuk lembar judul, nomor halaman tidak perlu
diketik, tapi tetap dihitung.
2. Bagian Pokok, nomor halaman ditulis dengan angka latin. Halaman pertama dari bab pertama
adalah halaman nomor satu. Peletakkan nomor halaman untuk setiap awal bab dibagian bawah
tengah, sedangkan halaman lainnya di pojok kanan atas.
3. Bagian akhir, nomor halaman ditulis dibagian bawah tengah dengan angka latin dan merupakan
kelanjutan dari penomoran pada bagian pokok.
BAB 2
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 5
D. Judul dan Nomor Gambar/Grafik/Tabel
1. Judul gambar/grafik diketik dibagian bawah tengah dari gambar, sedangkan Judul tabel diketik
di sebelah atas tengah dari tabel.
2. Penomoran tergantung pada bab yang bersangkutan, contoh: Gambar III.1 berarti gambar
pertama yang ada di Bab III.
E. Kutipan
Teknik dalam pengutipan terdiri dari kutipan langsung dan tidak langsung. Beberapa aturan dalam
membuat kutipan langsung, antara lain:
1. Kalimat yang dikutip berupa difinisi atau pengertian dari suatu teori.
2. Kutipan harus sama dengan aslinya baik susunan kata, ejaan maupun tanda baca.
3. Jika nama pengarang ditulis sebelum dan sesudah kalimat yang kutip, baik kurang dari lima
baris atau lebih, maka penulisannya adalah nama pengarang diikuti dalam kurung tahun titik dua
halaman buku yang dikutip.
4. Ketentuan penulisan nama pengarang yang dikutip, sebagai berikut:
a. Jika pengarang terdiri dari empat orang atau lebih, maka hanya dituliskan nama pertama
pengarang diikuti dengan et al atau dkk.
b. Jika nama pengarang lebih dari satu kata, maka penulisan nama pengarang diambil hanya
nama belakang.
5. Kutipan panjangnya kurang dari lima baris diketik dua spasi dan mengikuti paragraf yang diberi
tanda petik (”).
Contoh:
Menurut Siswanto (2007:2) memberikan batasan bahwa ”manajemen adalah seni dan
ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian
terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan”
Atau
Berdasarkan beberapa definisi tersebut maka ”manajemen adalah seni dan ilmu dalam
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan
mekanisme kerja untuk mencapai tujuan” menurut Siswanto (2007:2).
6. Kutipan panjangnya lima baris atau lebih diketik satu spasi dengan paragraf lurus dimulai pada
lima ketukan atau satu tab dari tepi kiri tanpa tanda petik.
Contoh:
Menurut Handoko (2004:10) menyimpulkan bahwa pada dasarnya manajemen dapat
didefinisikan sebagai bekerja dengan orang-orang untuk menentukan,
menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsifungsi
perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia
atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading), dan pengawsan
(controlling).
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 6
Atau
Pada dasarnya manajemen dapat didefinisikan sebagai bekerja dengan orang-orang
untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan
pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing),
penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan
(leading), dan pengawsan (controlling) menurut Handoko (2004:10).
7. Jika kutipan itu ada bagian yang dihilangkan beberapa kalimat, maka pada bagian yang hilang
tersebut digantikan dengan titik sebanyak tiga buah.
Contoh:
”... perkembangan ilmu menajemen sangat terlambat jauh dibandingkan peradaban manusia di
muka bumi ini ...” menurut Siswanto (2007:1).
8. Jika sumber kutipan merujuk ke sumber lain, maka sumber kutipan adalah tetap sumber yang
digunakan pengutip, tetapi dengan menyebut siapa yang mengemukakan pendapat tersebut,
bentuk penulisannya adalah nama ahli/penggagas dalam nama pengarang dalam kurung tahun
titik dua halaman, dan diletakkan sebelum dan sesudah kutipan.
Contoh:
Menurut James A.F. Stoner dalam Handoko (2004:8) mengemukakan bahwa
”manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usahausaha
para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya
agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan”.
Sedangkan teknis pengutipan tidak langsung hanya inti atau sari pendapat atau dalam bentuk
point-point yang dikemukakan, dan tidak menggunakan tanda kutip, dengan ketentuan:
a. Kutipan diintegrasikan dengan teks atau paragraf
b. Jarak antara baris dua spasi
c. Kutipan tidak diapit dengan dengan tanda kutip
d. Kalimat yang dikutip bukan berupa pengertian atau definisi
e. Sebelum point-point kutipan diambil nama pengarang terlebih dahulu dicantumkan dalam teks,
bentuk penulisannya adalah nama pengarang diikuti dalam kurung tahun titik dua halaman.
Contoh:
Langkah-langkah metode ilmiah yang diaplikasikan dalam manajemen menurut
Siswanto (2007:8), adalah:
1. Observasi
2. Rumusan permasalahan
3. Akumulasi dan klasifikasi fakta tambahan yang baru
4. Generalisasi
5. Rumusan hipotesis
6. Testing dan verifikasi
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 7
F. Penulisan Daftar Pustaka
Aturan main dalam penulisan daftar pustaka pada buku pedoman tugas akhir Akademi-akademi
Bina Sarana Informatika mengikuti wajib mengikuti ketentuan di bawah ini:
1. Nama pengarang ditulis mulai dari nama belakang/keluarga diikuti dengan tanda koma
kemudian nama depan kecuali nama Cina.
2. Nama pengarang yang ada pada kutipan wajib dimasukkan ke dalam daftar pustaka yang ditulis
secara lengkap.
3. Daftar pustaka diurut berdasarkan abjad.
4. Sebutan gelar pengarang tidak perlu dicantumkan
5. Bila terdapat lebih dari dua pengarang, maka semua nama pengarang tetap ditulis, dan nama
pengarang pertama saja yang dibalik, dan tidak perlu menggunakan et al atau dkk.
6. Sumber pustaka yang tidak ada nama pengarangnya ditulis nama lembaga/instansi yang
menerbitkannya.
7. Bila terdapat nama pengarang yang sumber pustaka yang digunakan lebih dari satu buku, maka
nama pengarang tersebut tetap ditulis.
8. Setiap pustaka diketik dengan jarak satu spasi (rata kiri kanan), tetapi antara satu pustaka dengan
pustaka lainnya diberi jarak dua spasi.
9. Batasan Tahun referensi pustaka, minimal terbitan 10 (sepuluh) tahun terakhir.
10. Referensi pustaka yang diunduh dari internet, harus melalui URL/Web resmi, dengan ketentuan
terdapat: nama penulis. Tahun upload tulisan. Judul tulisan. Nama lengkap URL/Webnya.
(Tgl, bulan, dan tahun diunduh). Bukan dari Blogspot, Wordpress, atau Wikipedia.
11. Sumber referensi buku cetak, cara penulisannya adalah: Nama Pengarang. Tahun Penerbitan.
Judul karangan. Kota Penerbit: Nama Penerbit. Dengan contoh sebagai berikut:
a. Satu Pengarang
Abdurrahman. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Budiono, Tri. 2000. Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta: Bagian Penerbitan
Manajemen Informatika UGM.
Effendi, Onong Uchjana. 2001. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra
Aditya Bakti.
The Liang Gie. 2002. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.
b. Dua Pengarang
Nasoetion, A. H., dan Ahmad Barizi. 2000. Metode Statistika. Jakarta: PT. Gramedia.
c. Tiga Pengarang atau lebih
Sukanto, Rudi, Budi Mulya dan Rangga Sela. 1999. Business Frorecasting. Yogyakarta:
Bagian Penerbitan Manajemen Informatika UGM.
d. Pengarang Sama
Afrianto, D. 1999. Pedoman Penulisan HTML. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Afrianto, D. 2000. Belajar Delphi dalam 25 Jurus. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
e. Tanpa Pengarang
Depdiknas. 1999. Petunjuk Pelaksanaan dan Implementasi Beasiswa dan Dana Bantuan
Operasional. Jakarta: Depdiknas.
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 8
Divisi SDM. 2005. Company Profile. Jakarta: PT. Citra Van Titipan Kilat.
f. Buku Terjemahan, Saduran atau Suntingan
Wibowo, Herman (Penterjemah). 1993. Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Erlangga.
12. Penulisan daftar pustaka yang diambil dari referensi Majalah, Buletin, Jurnal, atau Surat
Kabar, sebagai berikut:
Budiharto, Widodo. 2004. Beralih ke Oracle 10g. Jakarta: Majalah Bisnis Komputer, No. 6 Thn.
04 (20 Juni-20 Juli 2004)
Granger, C.W.J. 1986. Developments in the Study of Co-integrated Economic Variables. Oxford
Bulletin of Economics and Statistics. Vol.48: 215-226.
Insukindro dan Aliman. 1999. Pemilihan dan Bentuk Fungsi Empirik: Studi Kasus Permintaan
Uang Kartal Riil di Indonesia. Jakarta: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol. 14, No.
4:49-61.
Purbo, Onno. 2005. Wireless RTRWNet dengan Wajan Bolik, VOIP. Jakarta: Media Indonesia.
(25 Maret 2005)
13. Penulisan daftar pustaka yang diambil dari referensi internet, sebagai berikut:
a. Artikel Internet
Raharjo, Budi. 2000. Implikasi Teknologi Informasi dan Internet Terhadap Pendidikan,
Bisnis, dan Pemerintahan: Siapkah Indonesia?. Diambil dari:
www.budi.insan.co.id/articles/riau-it.doc. (30 September 2005)
b. Jurnal Internet
William, Bates. 2000. Advancing Quality Through Additional Attention to Result. Chronicle.
Vol. 1 number 11, January 2000. Diambil dari:
http://www.chea.org/chronicle/vol.1/no.11/index.html. (20 Desember 2007)
G. Format Pengetikan
Ketentuan pada format pengetikan penulisan tugas akhir ini, sebagai berikut:
1. Menggunakan kertas dengan ukuran KUARTO
2. Margin atas 3 cm, margin bawah 3 cm, margin kiri 4 cm dan margin kanan 3 cm
3. Jarak pengetikan isi tulisan tugas akhir yaitu spasi 2, kecuali isi tabel dan gambar disesuaikan.
4. Jenis dan ukuran huruf dalam penulisan:
a. Jenis huruf (Font) menggunakan Times New Roman.
b. Ukuran huruf adalah 12 size, kecuali isi tabel dan gambar dapat disesuaikan.
H. Format Pengetikan
1. Menggunakan kertas ukuran KUARTO
2. Margin Atas: 3 cm, Bawah: 3 cm, Kiri: 4 cm, Kanan: 3 cm
3. Jarak spasi 2, kecuali isi tabel dan gambar disesuaikan.
4. Isi Penulisan:
a. Jenis huruf (Font ) : Times New Roman.
b. Ukuran huruf: 12 size, kecuali isi tabel dan gambar disesuaikan.
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 9
F. Pengumpulan Laporan KKP dan Praktikum Terpadu
Setelah mahasiswa selesai melaksanakan Praktek Kerja Lapangan atau Praktikum Terpadu,
mahasiswa wajib mengumpulkan laporan Kuliah Kerja Praktek atau Praktikum Terpadu yang telah
ditanda tangani oleh Dosen PENASEHAT AKADEMIK masing-masing, dan diserahkan dalam
bentuk bentuk Soft Cover sebanyak satu buah ke Bagian Administrasi masing-masing wilayah
kampus sesuai jadwal yang telah ditentukan. Warna cover disesuaikan dengan Akademi BSI
(AMIK warna Merah Bata, ASM warna Merah Jambu (pink), ABA warna Ungu, AKOM warna
Kuning, AKPAR warna Hijau Tua, AMK warna Biru).
Laporan KKP akan dikembalikan setelah dilakukan penilaian. Mahasiswa segera mengambil
kembali buku laporan KKP tersebut di Kampus masing-masing sesuai jadwal yang ditentukan atau
paling lambat setelah nilai KHS keluar.
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 10
PEMBAHASAN
Bentuk Outline KKP Laporan PKL
Jurusan Manajemen Informatika jenjang Diploma Tiga (D.III) AMIK BSI
Lembar Judul Laporan KKP
Lembar Persetujuan dan Pengesahan Laporan KKP
Lembar Penilai Laporan KKP
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Simbol
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Daftar Lampiran
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Umum
1.2. Maksud dan Tujuan
1.3. Metode Penelitian
1.4. Ruang Lingkup
1.5. Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
2.1. Konsep Dasar Sistem
2.2. Peralatan Pendukung (Tools System)
BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN
3.1. Umum
3.2. Tinjauan Perusahaan
3.2.1. Sejarah Perusahaan
3.2.2. Struktur Organisasi dan Fungsi
3.3. Prosedur Sistem Berjalan
3.4. Diagram Alir Data (DAD) Sistem Berjalan
3.5. Kamus Data
3.6. Spesifikasi Sistem Berjalan
3.6.1. Spesifikasi Bentuk Dokumen Masukan
3.6.2. Spesifikasi Bentuk Dokumen Keluaran
3.6.3. Spesifikasi File (*)
3.6.4. Spesifikasi Program (*)
3.6.5. Struktur Kode (*)
3.7. Spesifikasi Sistem Komputer (*)
3.7.1. Umum
3.7.2. Perangkat Lunak
3.7.3. Perangkat Keras
3.7.4. Konfigurasi Sistem Komputer
BAB 3
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 11
3.8. Permasalahan Pokok
3.9. Alternatif Pemecahan Masalah
BAB IV PENUTUP
4.1. Kesimpulan
4.2. Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
SURAT KETERANGAN PKL
NILAI PRAKTEK KERJA LAPANGAN
LAMPIRAN-LAMPIRAN
(*) Jika Sistem yang di Analisis Sudah Terkomputerisasi
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 12
Bentuk Outline KKP Laporan PKL
Jurusan Komputerisasi Akuntansi jenjang Diploma Tiga (D.III) AMIK BSI
Lembar Judul Laporan KKP
Lembar Persetujuan dan Pengesahan Laporan KKP
Lembar Penilai Laporan KKP
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Simbol
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Daftar Lampiran
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Umum
1.2. Maksud dan Tujuan
1.3. Metode Penelitian
1.4. Ruang Lingkup
1.5. Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
2.1. Konsep Dasar Sistem
2.2. Peralatan Pendukung (Tools System)
BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN
3.1. Umum
3.2. Tinjauan Perusahaan
3.2.1. Sejarah Perusahaan
3.2.2. Struktur Organisasi dan Fungsi
3.3. Prosedur Sistem Akuntansi Berjalan
3.4. Diagram Alir Data (DAD) Sistem Akuntansi Berjalan
3.5. Kamus Data
3.6. Spesifikasi Sistem Akuntansi Berjalan
3.6.1. Spesifikasi Bentuk Dokumen Masukan
3.6.2. Spesifikasi Bentuk Dokumen Keluaran
3.6.3. Spesifikasi File (*)
3.6.4. Spesifikasi Program (*)
3.6.5. Struktur Kode (*)
3.7. Spesifikasi Sistem Komputer (*)
3.7.1. Umum
3.7.2. Perangkat Lunak
3.7.3. Perangkat Keras
3.7.4. Konfigurasi Sistem Komputer
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 13
3.8. Permasalahan Pokok
3.9. Alternatif Pemecahan Masalah
BAB IV PENUTUP
4.1. Kesimpulan
4.2. Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
SURAT KETERANGAN PKL
NILAI PRAKTEK KERJA LAPANGAN
LAMPIRAN-LAMPIRAN
(*) Jika Sistem Informasi Akuntansi yang di Analisis Sudah Terkomputerisasi
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 14
Bentuk Outline KKP Laporan PKL
Jurusan Teknik Komputer jenjang Diploma Tiga (D.III) AMIK BSI
Lembar Judul Laporan KKP
Lembar Persetujuan dan Pengesahan Laporan KKP
Lembar Penilai Laporan KKP
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Simbol
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Daftar Lampiran
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Umum
1.2. Maksud dan Tujuan
1.3. Metode Penelitian
1.4. Ruang Lingkup
1.5. Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
2.1. Umum
2.2. Teori Pendukung
BAB III PEMBAHASAN
3.1. Tinjauan Perusahaan
3.1.1. Sejarah Perusahaan
3.1.2. Struktur Organisasi dan Fungsi
3.2. Skema Jaringan
3.2.1. Blok Diagram Jaringan
3.2.2. Gambar Jaringan
3.3. Spesifikasi Jaringan
3.4. Hasil Analisa
3.5. Permasalahan Pokok (*)
3.6. Alternatif Pemecahan Masalah (*)
BAB IV PENUTUP
4.1. Kesimpulan
4.2. Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
SURAT KETERANGAN PKL
NILAI PRAKTEK KERJA LAPANGAN
LAMPIRAN-LAMPIRAN
(*) Apabila ada permasalahan pada jaringan yang dianalisa
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 15
Bentuk Outline KKP Laporan PKL
Jurusan Sekretaris Jenjang Diploma Tiga (D.III) ASM BSI
Lembar Judul Laporan KKP
Lembar Persetujuan dan Pengesahan Laporan KKP
Lembar Penilai Laporan KKP
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Daftar Lampiran
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
1.2. Maksud dan Tujuan
1.3. Ruang Lingkup
1.4. Metode Pengumpulan Data
1.5. Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
BAB III PEMBAHASAN
3.1. Tinjauan Umum Organisasi
3.1.1. Sejarah dan Perkembangan Singkat Perusahaan
3.1.2. Struktur Organisasi dan Tata Kerja
3.1.3. Kegiatan Usaha
3.2. Pelaksanaan Kegiatan KKP
3.2.1. Bidang Pekerjaan yang Dilakukan
3.2.2. Kendala yang Dihadapi dalam Pekerjaan
3.2.3. Cara Mengatasi Kendala
BAB IV PENUTUP
4.1. Kesimpulan
4.2. Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
SURAT KETERANGAN PKL
NILAI PRAKTEK KERJA LAPANGAN
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 16
Bentuk Outline KKP Laporan PKL
Jurusan Manajemen Administrasi, Perbankan, dan Akuntansi Perpajakan
Jenjang Diploma Tiga (D.III) ASM BSI dan AMK BSI
Lembar Judul Laporan KKP
Lembar Persetujuan dan Pengesahan Laporan KKP
Lembar Penilai Laporan KKP
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Daftar Lampiran
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
1.2. Maksud dan Tujuan
1.3. Metode Pengumpulan Data
1.4. Ruang Lingkup
1.5. Permasalahan Pokok
1.6. Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
2.1. Umum
2.2. Teori Pendukung
BAB III PEMBAHASAN
3.1. Tinjauan Umum Organisasi
3.1.1. Sejarah dan Perkembangan Organisasi
3.1.2. Struktur dan Tata Kerja Organisasi
3.1.3. Kegiatan Usaha
3.2. Data
3.2.1. Perencanaan Kegiatan
3.2.2. Pelaksanaan Kegiatan
3.2.3. Hasil Kegiatan
3.3. Analisa
3.3.1. Kendala dalam Pelaksanaan Kegiatan
3.3.2. Cara Mengatasi Kendala
BAB IV PENUTUP
4.1. Kesimpulan
4.2. Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
SURAT KETERANGAN PKL
NILAI PRAKTEK KERJA LAPANGAN
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 17
The Outline of Jobs Training Report
English Department the Academy of Foreign Language Bina Sarana Informatika
Title Sheet
Approval Sheet
Acceptance
Sheet Preface
Table of Contents
List Of Figures
List Of Tables
List Of Appendices
CHAPTER I INTRODUCTION
1.1 Background and Reason of Choosing the Title
1.2 Statement of the Problem
1.3 Scope of the problem
1.4 Method and Procedures of the Analysis
CHAPTER II GENERAL REVIEW
2.1. Company Profile
2.2. Structure of Organization
2.3. Theoretical Review
CHAPTER III DISCUSSION
CHAPTER IV CONCLUSION
4.1. Conclusions
4.2. Suggestions
BIBLIOGRAPHY
CURRICULUM VITAE
INTERNSHIP SCORING FORM
THE RESULT OF APPRENTICE EVALUATION
APPENDIX
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 18
Bentuk Outline Laporan Praktikum Terpadu
Jurusan Public Relations Jenjang Diploma Tiga (D.III) AKOM BSI
(Outline Penyelenggaraan EVENT)
Lembar Judul Laporan KKP
Lembar Persetujuan dan Pengesahan Laporan KKP
Lembar Penilai Laporan KKP
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Daftar Lampiran
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Kegiatan
1.2. Maksud dan Tujuan
1.2.1. Maksud Kegiatan
1.2.2. Tujuan Kegiatan
1.3. Ruang Lingkup Kegiatan
1.4. Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI DAN PROSES KEGIATAN
2.1. Landasan Teori
(Berisi tentang konsep/ teori PR dan penyelenggaraan event)
2.2. Tinjauan Perusahaan *
(Memuat tentang sejarah, visi, misi, perkembangan dan bidang kerja organisasi dan khususnya
posisi Humas di dalam Organisasi tempat PKL).
2.3. Proses Kegiatan
2.3.1. Perencanaan Kegiatan
(Memuat proses langkah perencanaan dan Proposal kegiatan)
2.3.2. Pelaksanaan Kegiatan
2.3.3. Evaluasi.
(Kajian evaluasi antara perencanaan dan jalannya pelaksanaan Event sampai
dengan penyusunan laporan pertanggung jawaban)
2.4 Kendala dan Pemecahan
Kendala yang dihadapi ketika melaksanakan kegiatan.
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
3.2. Saran-saran
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
SURAT ASLI KETERANGAN PKL *
LAMPIRAN-LAMPIRAN
- Surat Kerjasama Pelaksanaan (bagi kegiatan kerjasama)*
- Data-data yang diperoleh dari tempat PKL *
- Foto-foto kegiatan (secukupnya yang menunjukan bukti keterlibatan) serta Dokumentasi kegiatan berupa video
Keterangan :
*) Bagi yang ikut kepanitiaan / Kerjasama suatu event
- Penilaian bagi yang melaksanakan event juga dilihat pada saat event berlangsung.
- Jumlah masing-masing kelompok maksimal 10 orang
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 19
Bentuk Outline Laporan Praktikum Terpadu
Jurusan Public Relation Jenjang Diploma Tiga (D.III) AKOM BSI
(Perorangan NON EVENT)
Lembar Judul Laporan KKP
Lembar Persetujuan dan Pengesahan Laporan KKP
Lembar Penilai Laporan KKP
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Daftar Lampiran
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
1.2. Maksud dan Tujuan
1.2.1. Maksud
1.2.2. Tujuan
1.3. Ruang Lingkup Permasalahan
1.4. Metode Pengumpulan Data
1.5. Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI DAN PROSES KEGIATAN
2.1. Landasan Teori
(Tinjauan teori sesuai dengan bidang kegiatan (judul) yang di ambil)
2.2. Tinjauan Perusahaan
Memuat tentang sejarah, visi, misi, perkembangan dan bidang kerja organisasi dan
khususnya posisi Humas di dalam Organisasi tempat praktikum.
2.3. Proses Kegiatan dan Pembahasan
(Pemaparan tentang proses bidang kegiatan yang dilaksanakan di tempat praktikum)
2.4. Kendala dan Pemecahan
Kendala yang dihadapi ketika melaksanakan kegiatan.
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Memuat tentang kegiatan yang dilaksanakan
3.2. Saran-saran
Saran kepada perusahaan.
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
SURAT ASLI KETERANGAN PKL
NILAI PRAKTEK KERJA LAPANGAN
LAMPIRAN-LAMPIRAN
- Data-data yang diperoleh dari perusahaaan
- Foto ketika melaksanakan kerja praktek
- Wajib di bagian Humas Perusahaan/instansi
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 20
Lampiran Contoh untuk Cover Judul sesuaikan dengan jurusan
ANALISA SISTEM PEMBELIAN ALAT ELEKTRONIK SECARA
KREDIT PADA PT. LINDO PRATAMA
JAKARTA
atau
Judul sesuai dengan materi jurusan masing-masing
LAPORAN
KULIAH KERJA PRAKTEK atau PRAKTIKUM TERPADU
(Silahkan Pilih sesuai Jenis Laporan yang dibuat)
Diajukan untuk memenuhi mata kuliah KKP atau PRAKTIKUM TERPADU pada Program
Diploma Tiga (D.III)
FITRIA SARI HANDAYANI
NIM : 12071234
Jurusan Manajemen Informatika (isi sesuai jurusan)
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika
(Fatmawati/Kramat/Tangerang/dll) isi sesuai kampus
2009 isi sesuai tahun
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 21
An Example Title Sheet
A PROCESS OF WRITING AND DELIVERING BUSINESS
LETTERS AT PT. COCA COLA
JAKARTA
A REPORT
A partial fulfilment of the requirements of the Kuliah Kerja Praktek Subject
ARSILIA RIFDA ANWAR
NIM.31030077
English Department
The Academy of Foreign Language Bina Sarana Informatika
Kramat Raya (Isi sesuai Kampus)
2009 (Isi sesuai Tahun)
Catatan: Contoh cover khusus Jurusan Bahasa Inggris
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) Dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 22
Lampiran: Contoh Lembar Pengesahan sesuaikan dengan jurusan
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK atau
PRAKTIKUM TERPADU
(Pilih sesuai Jenis Laporan yang dibuat)
Kuliah Kerja Praktek atau PRAKTIKUM TERPADU ini telah disetujui dan disahkan serta diizinkan
untuk dinilai pada periode : Tahun Akademik 2009/2010 di Semester Lima
(isi sesuai tahun akademik)
DOSEN PENASEHAT AKADEMIK
Kelas 12.5A.07
(isi sesuai kelasnya)
Ida Farida, S.Kom
(isi sesuai dosen PA nya)
ii
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) Dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika 23
An Example of Approval
Aproved by Supervisor,
(Annisa Anwar, S.Pd)
Catatan: Lembar pengesahan Penasehat Akademik khusus Jurusan Bahasa Inggris
ii
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) Dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
24
Lampiran: Contoh Lembar Penilaian Laporan
PENILAI LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK atau PRAKTIKUM TERPADU
(Pilih sesuai jenis Laporan yang dibuat)
Kuliah Kerja Praktek atau PRAKTIKUM TERPADU ini telah dinilai pada tanggal ……………………………………
PENILAI
(…………………………………….……..)
Saran-saran dari Penilai:
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
iii
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) Dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
25
An Example of Acceptance Sheet
ACCEPTANCE SHEET
This Report is accepted by Examiners Board of English Diploma Program The Academy of Language
Bina Sarana Informatika.
Day : ..............................
Date : ..............................
Assessor
( ............................................... )
Suggestions From Assessor :
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
Catatan: Lembar penilaian khusus Jurusan Bahasa Inggris
iii
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
26
Contoh: Kata Pengantar
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas terselesaikannya Laporan Kuliah
Kerja Praktek (KKP) dengan judul : "Analisa Sistem Pembelian Alat Elektronik Secara Kredit
pada PT. Lindo Pratama Jakarta". yang merupakan salah satu syarat kelulusan mata Kuliah Kerja
Praktek Lapangan Jurusan Manajemen Informatika Akademi Manajemen Informatika dan Komputer
Bina Sarana Informatika.
Selama melaksanakan Kuliah Kerja Praktek dan dalam menyelesaikan laporan ini, penulis
telah banyak menerima bimbingan, pengarahan, petunjuk dan saran, serta fasilitas yang membantu
hingga akhir dari penulisan laporan ini. Untuk itu penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada yang terhormat:
1. Bapak Ir. Naba Aji Notoseputro selaku Direktur Bina Sarana Informatika
2. Bapak H. Ahmad Ishaq, S.Kom selaku Ketua Jurusan Manajemen Informatika Akademi
Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika.
3. Ibu Ida Farida, S.Kom selaku Dosen Penasehat Akademik yang telah memberikan bimbingan dan
pengarahan dalam penyelesaian laporan ini.
4. Bapak. Andi Manungkalit, S.Sos, selaku Direktur PT. Sumber Rezeki Jakarta
Akhirnya penulis berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi semua pihak yang
membantu, meskipun dalam laporan ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu kritik dan saran
yang membangun tetap penulis harapkan.
Jakarta, November 2009
Penulis
FITRIA SARI HANDAYANI
Catatan: Diketik dengan jarak dua spasi
iv
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
27
Contoh Daftar Isi (sesuaikan dengan outline dan jurusan )
DAFTAR ISI
Halaman
Lembar Judul Laporan KKP ................................................................................................ i
Lembar Persetujuan dan Pengesahan Laporan KKP............................................................ ii
Lembar Penilai Laporan KKP.............................................................................................. iii
Kata Pengantar ..................................................................................................................... iv
Daftar Isi.............................................................................................................................. vi
Daftar Simbol ....................................................................................................................... viii
Daftar Gambar...................................................................................................................... ix
Daftar Tabel ......................................................................................................................... x
Daftar Lampiran................................................................................................................... xii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................................. 1
1.1. umum ........................................................................................................... 1
1.2. Maksud dan Tujuan ..................................................................................... 2
1.3. Metode Penelitian ........................................................................................ 2
1.4. Ruang Lingkup............................................................................................. 3
1.5. Sistematika Penulisan................................................................................... 3
BAB II LANDASAN TEORI ......................................................................................... 5
2.1. Konsep Dasar Sistem................................................................................... 5
2.2. Peralatan Pendukung.................................................................................... 14
BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN ..................................................................... 21
3.1. Umum ......................................................................................................... 21
3.2. Tinjauan Perusahaan .................................................................................. 22
3.2.1. Sejarah Perusahaan ......................................................................... 22
3.2.2. Struktur Organisasi dan Fungsi ...................................................... 23
3.3. Prosedur Sistem Akuntansi Berjalan........................................................... 28
3.4. Diagram Alir Data (DAD) Sistem Akuntansi Berjalan .............................. 31
3.5. Kamus Data................................................................................................. 33
3.6. Spesifikasi Sistem Akuntansi Berjalan ....................................................... 39
3.6.1. Spesifikasi Bentuk Dokumen Masukan........................................... 39
3.6.2. Spesifikasi Bentuk Dokumen Keluaran........................................... 40
v
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
28
3.7. Permasalahan Pokok .................................................................................. 41
3.8. Alternatif Pemecahan Masalah ................................................................... 42
BAB IV PENUTUP .......................................................................................................... 43
4.1. Kesimpulan................................................................................................. 43
4.2. Saran-saran ................................................................................................. 44
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
SURAT KETERANGAN PKL
NILAI PRAKTEK KERJA LAPANGAN
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Catatan: Daftar Isi, Tabel, Gambar, dan Daftar Lampiran diketik dengan jarak satu spasi
vi
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
29
Contoh Daftar Simbol Yang digunakan
DAFTAR SIMBOL
a. Simbol Data Flow Diagram
EXTERNAL ENTITY
Digunakan untuk menggambarkan suatu sumber atau tujuan pada arus data.
DATA FLOW
Digunakan untuk menggambarkan suatu arus data.
PROCESS
Digunakan untuk menggambarkan suatu proses yang sedang berlangsung.
DATA STORE
Digunakan untuk menggambarkan suatu tempat untuk menyimpan atau mengambil
data yang diperlukan.
b. Simbol Konfigurasi Komputer
DISPLAY
Digunakan untuk menggambarkan kegiatan menampilkan data melalui CRT (Cathode
Ray Tube) atau monitor.
MANUAL INPUT
Digunakan untuk menggambarkan kegiatan memasukan data dengan menggunakan
terminal (keyboard).
LINE PRINTER
Digunakan untuk menggambarkan pengeluaran data pada mesin pencetak (printer).
vii
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
30
FLOPPY DISK DRIVE
Digunakan untuk menggambarkan proses pembacaan data dengan media disket.
HARD DISK DRIVE
Digunakan untuk menggambarkan proses pembacaan data dengan media hard disk.
c. Simbol Flowchart
TERMINAL
Digunakan untuk menggambarkan awal dan akhir dari suatu kegiatan.
DECISION
Digunakan untuk menggambarkan proses pengujian suatu kondisi yang ada.
PREPARATION
Digunakan untuk menggambarkan persiapan harga awal, dari proses yang akan
dilakukan.
FLOW LINE
Digunakan untuk menggambarkan hubungan proses dari satu proses ke proses lainnya.
INPUT/OUTPUT
Digunakan untuk menggambarkan proses memasukan data yang berupa pembacaan
data dan sekaligus proses keluaran yang berupa pencetakan data.
SUBROUTINE
Digunakan untuk menggambarkan proses pemanggilan sub program dari main
program (recursivitas).
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
31
PAGE CONNECTOR
Digunakan untuk menghubungkan alur proses ke dalam satu
halaman atau halaman yang sama.
CONNECTOR
Digunakan untuk menghubungkan alur proses dalam
halaman yang berbeda atau ke halaman berikutnya.
d. Simbol Komponen Elektronika
Resistor
Kapasitor
Dioda
Kristal
Transistor
Coil
Trafo
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
32
MOSFET
Switch/Saklar
Loud Speaker
Dioda LED
Motor Listrik
AND Gate
Inverter
e. Simbol Jaringan Komputer
Server
Mainframe
Router
ix
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
33
HUB
Switch
Bridge
Modem
Communication Link
Wireless Access Point
Firewall
Printer
Ethernet
Telephone
Personal Computer
Laptop
ix
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
34
Scanner
User
Ring Network
x
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
35
Contoh Daftar Isi Gambar
DAFTAR GAMBAR
Halaman
1. Gambar II.1 Struktur Organisasi ............................................................................. 24
2. Gambar II.2 Diagram Konteks Sistem Berjalan ...................................................... 27
3. Gambar III.1 Diagram NoL Sistem Usulan ............................................................. 28
4. Gambar III.2 Diagram Detail 1.0 Sistem Usulan ..................................................... 29
5. Gambar III.3 Diagram Detail 2.0 Sistem Usulan ..................................................... 30
6. Gambar IV.1 Konfigurasi Komputer ........................................................................ 32
7. Gambar IV.2 Jadwal Implementasi ........................................................................... 39
8. Gambar V.1 Skema Sistem Database Sistem Usulan ............................................... 45
9. Gambar V.2 Dialog Terminal Menu Utama ............................................................. 49
xi
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
36
Contoh Daftar Isi Tabel
DAFTAR TABEL
`
Halaman
1. Tabel III.1 Persentase Perkembangan Jumlah Uang Beredar
Tahun 1983-1987........................................................................................ 15
2. Tabel III.2 Persentase Perkembangan Industri Tahun 1999-2009 .............................. 20
3. Tabel III.3 Persentase Perkembangan Eksport Tahun 1999-2009 ............................... 25
4. Tabel IV.1 Persentase Perkembangan Import Tahun 1999-2009................................. 40
5. Tabel IV.2 Perkembangan Industri Kecil Tahun 1999-2009 ....................................... 42
6. Tabel IV.3 Perkembangan Tingkat Pengangguran Tahun 1999-2009 ......................... 43
xii
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
37
Contoh Daftar Isi Lampiran
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
A.1. Laporan Penerimaan Kas...................................................................................... 41
A.2. Contoh Formulir Bio Data Karyawan ........................................................... ..... 42
A.3. Contoh Nota Pembayaran ................................................................................... 43
A.4. Blanko Retur Pembelian ..................................................................................... 44
B.1. Surat Jalan............................................................................................................. 45
B.2. Daftar Barang ....................................................................................................... 46
B.3. Daftar Penjualan Barang....................................................................................... 47
B.4. Daftar Isian Barang ............................................................................................. 48
C.1. Formulir Pemesanan Barang ............................................................................... 49
C.2. Formulir Retur Penjualan .................................................................................... 50
xiii
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
38
Contoh Daftar Riwayat Hidup
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
A. Biodata Mahasiswa
N.I.M : 12071234
Nama Lengkap : Fitria Sari Handayani
Tempat & Tanggal Lahir : Banten, 11 Maret 1984
Alamat lengkap : Jl. Senopati No. 12A Keb. Baru
Jakarta Selatan 12145, Telp. 7201315
B. Riwayat Pendidikan Formal & Non-Formal
1. SD Al-Fath BSD, lulus tahun 1994
2. SMPN 43 Jakarta, lulus tahun 1997
3. SMAN 8 Jakarta, lulus tahun 2001
4. Kursus komputer di CTC BSI Jakarta, lulus tahun 2002
5. Kursus Bahasa Inggris LPBA Nusa Mandiri Jakarta, lulus tahun 2003
C. Riwayat Pengalaman Berorganisasi / Pekerjaan
1. Ketua Karang Taruna Kelurahan Cilandak Timur, Jakarta Selatan.
tahun 2003 s.d tahun 2007.
2. Anggota Karatedo Ranting Tebet, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan
tahun 2000 s.d tahun 2007.
3. Ketua Senat Mahasiswa Akademi BSI Tahun Akademik 2006/2007.
4. Anggota UKM Fotografi Akademi BSI Tahun Akademik 2007/2008.
Jakarta, 3 Juli 2009
Fitria Sari Handayani
Catatan: Diketik dengan jarak satu spasi, dan tempelkan pas photo berlatar warna merah
serta berdasi mengenakan jaket almamater
Foto
3x4
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
39
Contoh Surat Keterangan PKL
PT. LINDO PRATAMA
Jl. Letjen. S. Parman Kav. 56, Jakarta Barat 11510
Telp. 565 0000 (Hunting) Fax. 564 0000
No. : 007/2.01/LP/III/2008
Hal : Surat Keterangan PKL/riset
SURAT KETERANGAN
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Rahman Santoso, SE
Jabatan : Kepala Divisi Accounting
Dengan ini menerangkan bahwa, yang tersebut di bawah ini :
Nama : Fitria Sari Handayani
N I M : 12051234
Alamat : Jl. Senopati No. 12A Keb. Baru
Jakarta Selatan 12145, Telp. 7201315
Adalah benar telah melakukan PKL/riset pada Lindo Software, Inc kantor cabang
Indonesia terhitung sejak 01 Nopember 2007 sampai dengan 30 Desember 2007,
dan yang bersangkutan telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh
tanggung jawab.
Demikian surat keterangan ini dibuat dengan benar, untuk dapat dipergunakan
sebagaimana mestinya.
Jakarta, 1 Maret 2009
Rahman Santoso,SE
Kepala Divisi Accounting
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
40
Lampiran: Form Nilai PKL Untuk mahasiswa AMIK, ASM, AKOM (PR), ABA (IN) & AMK
FORM NILAI PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
1 NAMA/NIM
2
PROGRAM
STUDI/JURUSAN
3 PERGURUAN TINGGI
4 LAMA PKL
5 INSTANSI/PERUSAHAAN
6 UNIT KERJA PKL
7
ALAMAT INSTANSI/
PERUSAHAAN
NILAI
NO PARAMETER
ANGKA HURUF
A KEDISIPLINAN
1 Ketepatan Waktu/Disiplin
2 Sikap Kerja/Prosedur Kerja
3 Tanggung jawa Terhadap Tugas
4 Kehadiran/Absensi
B PRESTASI KERJA
1 Kemampuan Kerja
2 Keterampilan Kerja
3 Kualitas Hasil Kerja
C KEMAMPUAN BERADAPTASI
1 Kemampuan Berkomunikasi
2 Kerjasama
3 Kerajinan/inisiatif
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
41
D LAIN-LAIN
1 Memiliki rasa percaya diri
2 Mematuhi aturan dan tata tertib PKL
3 Penampilan/Kerapihan
TOTAL NILAI RATA-RATA HURUF
Ketentuan Penilaian:
1. Nilai 80 – 100 = A
2. Nilai 68 – 79 = B
3. Nilai 50 – 67 = C
Tanggal Penilaian :
Nama Penilai :
Jabatan Penilai :
Tanda tangan &
Stempel Instansi /
Perusahaan
:
Catatan: Formulir Penilaian ini WAJIB dilampirkan dalam laporan Kuliah Kerja Praktek beserta Surat
Keterangan PKL, dan harus asli.
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
42
PENUTUP
A. Kesimpulan
Akhir kata dalam penutup ini, penulis ingin memberikan satu dukungan buat mahasiswa
Akademi BSI, bahwa kemungkinan dalam penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek dan Praktikum
Terpadu, akan menemui banyak kendala, baik secara intern maupun secara ekstern. Akan tetapi
percayalah semua itu akan dapat di atasi, yang sesungguhkan rekan-rekan mahasiswa tidak perlu takut
dan menyerah. Pupuk terus semangat hingga akhir kesimpulan.
Selain itu pula, perlu disimpulkan berdasarkan dari keseluruhan pokok bahasan yang ada di
dalam buku pedoman ini, supaya mahasiswa mempunyai gambaran secara umum tentang penyusunan
laporan Kuliah Kerja Praktek dan Praktikum Terpadu ini. Adapun kesimpulannya sebagai berikut:
1. Penyusunan laporan Kuliah Kerja Prakek dan Praktikum Terpadu bagi seorang mahasiswa yang
duduk di semester lima adalah sebuah kesempatan untuk menunjukkan jati dirinya, menunjukkan
kualitas dan daya pikirnya serta menunjukkan darma baktinya kepada almamater sebelum terjun
langsung dalam dunia kerja nyata.
2. Laporan Kuliah Kerja Praktek dan Praktikum Terpadu adalah suatu bentuk laporan sederhana
yang ditulis oleh seorang mahasiswa baik perseorangan maupun berkelompok, dalam rangka
kelulusan mata kuliah kerja praktek, sekaligus sebagai latihan dalam penulisan tugas akhir pada
semester enam.
3. Maksud dari penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek dan Praktikum Terpadu ini adalah untuk
membentuk pola pikir mahasiswa, untuk menjadi pribadi yang memiliki wawasan pengetahuan
yang nyata, sedangkan tujuan dari penyusunan tugas akhir ini adalah, mengembangkan opini
mahasiswa untuk selalu optimis dan percaya diri dengan kemampuan sendiri.
4. Sebelum seorang mahasiswa menulis laporan Kuliah Kerja Praktek dan Praktikum Terpadu, maka
salah satu prasyarat dalam rangka untuk mendapatkan data dan objek penulisan dianjurkan untuk
mengadakan praktek kerja lapangan/riset ke suatu perusahaan atau instansi, baik swasta maupun
pemerintah.
5. Outline adalah suatu uraian tema penulisan secara global dari kerangka penyusunan laporan
Kuliah Kerja Praktek dan Praktikum Terpadu. Selain itu pula fungsi outline adalah, untuk
menjembatani antara objek pengamatan yang akan dibahas, dengan opini penulis yang akan
dikembangkan.
6. Prinsip keaslian sebuah laporan Kuliah Kerja Praktek dan Praktikum Terpadu di seluruh
Perguruan Tinggi di Indonesia adalah sama. Hal ini disesuaikan dengan prinsip intelektualisasi
dan keilmiahan ide, yang sangat anti akan peniruan dan penjiplakan. Apabila terjadi peniruan dan
penjiplakan maka dikenakan sanksi akademik Drop Out (DO).
7. Bentuk aturan penulisan laporan Kuliah Kerja Praktek dan Praktikum Terpadu yang berlaku di
lingkungan Akademi BSI, dibuat agar mencerminkan, bahwa laporan Kuliah Kerja Praktek dan
Praktikum Terpadu yang dibuat oleh seorang mahasiswa merupakan hasil karya ilmiah yang
menggunakan bahasa ilmiah dan kaidah-kaidah penulisan yang memang sudah baku.
8. Konteks sistematika dari pokok bahasan dan bentuk laporan Kuliah Kerja Praktek dan Praktikum
Terpadu yang ada dilingkungan Akademi BSI, dan memiliki beberapa bentuk berdasarkan jurusan
yang ada, serta diwajibkan untuk mengikuti aturan sesuai dengan panduan ini.
BAB 4
Pedoman Penijusunan Laporan Kuliah Kerja Praktek (KKP) dan Praktikum Terpadu
Akademi Bina Sarana Informatika
43
B. Saran-saran
Saran yang akan dikemukakan di dalam buku Pedoman Penyusunan laporan Kuliah Kerja
Praktek dan Praktikum Terpadu ini ditujukan untuk rekan-rekan mahasiswa Akademi BSI, sebagai
berikut:
1. Menyusun laporan Kuliah Kerja Praktek dan Praktikum Terpadu dilaksankan dengan penuh rasa
tanggung jawab.
2. Mengikuti pengarahan disela-sela setiap pertemuan dengan dosen Penasehat Akademik di kelas
secara benar dan berkesinambungan, sesuai dengan ketentuan yang sudah digariskan.
3. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi serta loyalitas terhadap almamater, di dalam proses
penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek dan Praktikum Terpadu.
4. Konsisten dan komitmen dengan aturan penulisan yang sudah dibuat di dalam buku Penyusunan
laporan Kuliah Kerja Praktek dan Praktikum Terpadu.
5. Hasil laporan ini harus dapat memberikan dampak dan kontribusi yang positif, serta memiliki
kualitas dari laporan Kuliah Kerja Praktek dan Praktikum Terpadu terhadap penulis sendiri.

2 komentar:

  1. INI SIH MODUL NAMANYA !!!!

    BalasHapus
  2. memang.....namanya juga buat belajar.modul ini sumber dari dosen bsi

    BalasHapus